RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP NEGERI 1 ULUSUSA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Pertemuan Ke- : 1-2
Alokasi Waktu : 4 × 40 menit
Standar Kompetensi : 7.
Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca
Kompetensi Dasar : 7.2. Mengomentari buku cerita yang dibaca
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran ini, Peserta didik mampu
-
menyebutkan hal-hal yang menarik dan tidak menarik dengan alasan yang logis;
-
menceritakan isi dongeng secara lisan;
-
mengaitkan isi dongeng dengan kehidupan sehari-hari.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya
( Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Te vkun ( diligence )
II. Materi Ajar
Dongeng
Kata ganti
dan kata acuan
III. Metode
Pembelajaran
- Contoh
- Tanya
jawab
- Latihan
-
Penugasan
IV. Langkah-Langkah
Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
Apersepsi :
- Bertanya
jawab tentang jenis-jenis dongeng
Motivasi :
-
Memberikan pengantar awal tentang fabel
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
§ Membaca dongeng ”Sederhana Membawa
Selamat”
§ Bertanya jawab dengan Peserta didik
tentang peristiwa pada dongeng, tokoh, watak tokoh, latar, dan amanat cerita
§ Melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
§ Menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§ Memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
§ Melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§ Memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Mengungkapkan hal-hal yang menarik
dari dongeng yang dibaca
§ Menjelaskan pesan-pesan dari dongeng
yang dibaca
§ Membaca dongeng berjudul ”Penebang
Kayu dan Tukang Cukur” dan
§ mengerjakan soal-soal pada buku siswa
§ Mengerjakan tugas membaca buku
kumpulan dongeng
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§
Membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
§
Memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
§
Memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
§
Memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
§
Memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
§
Memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§
Memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
§
Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F Memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F Memfasilitasi peserta didik melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F Memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
F Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
F Membantu menyelesaikan masalah;
F Memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
F Memberi informasi untuk bereksplorasi
lebih jauh;
F Memberikan motivasi kepada peserta
didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
C. Kegiatan Akhir
o
Bertanya
jawab tentang kata ganti dan kata acuan
o
Mempelajari
materi kata ganti dan kata acuan
o
Mengerjakan
latihan
o
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
o
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
o
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
o
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
o
menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
V. Sumber/Bahan/Alat
- Cerita
terjemahan dari majalah, surat
kabar, buku kumpulan cerpen
- VCD
- Narasumber
- Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
VI. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
·
Mampu menentukan unsur/bagian buku
cerita yang akan dikomentari
·
Mampu mengomentari cerita dengan
alasan yang logis dan bahasa yang santun
|
Penugasan individual/kelompok
|
Proyek
|
· Tentukanlah bagian/unsur buku cerita ... yang perlu
dikomentari
· Bagaimakah
komentarmu mengenai buku cerita yang baru saja kamu baca?
· Kemukakan
hal itu dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun!
|
Bentuk tes: lisan
No
|
Aspek Penilaian
|
Bobot
|
Nilai
|
1
|
Mengidentifikasi
hal yang menarik dan tidak menarik
a. Benar
disertai alasan (3)
b. Benar
tidak disertai alasan (2)
c. Tidak benar (1)
|
5
|
|
2
|
Menceritakan
kembali 5
a. Alur
cerita lengkap (3)
b. Alur
cerita kurang lengkap (2)
c. Alur
cerita tidak lengkap (1)
|
5
|
|
3
|
Mengaitkan
isi dongeng dengan kehidupan sehari-hari
a. Tepat
(3)
b.
Kurang tepat (2)
c. Tidak
tepat (1)
|
5
|
|
4
|
Membedakan
pengertian kata ganti dan kata acuan
a. Benar
(3)
b.
Kurang benar (2)
c. Tidak
benar (1)
5.
Menggunakan kata ganti dan kata acuan dalam kalimat
|
5
|
|
5
|
Menggunakan
kata ganti dan kata acuan dalam kalimat
a. Benar
(3)
b.
Kurang benar (2)
c. Tidak
benar (1)
|
5
|
|
Keterangan
Skor maksimum 3 (3 × 5) = 45
Nilai akhir : Skor
yang diperoleh

Skor
maksimak
Mengetahui,
Kepala
...............……………
(__________________________)
NIP / NIK :
..........................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.
(_______________________)
NIP / NIK :
..........................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar