RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP NEGERI 1 ULUSUSA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Pertemuan Ke- : 1-2
Alokasi Waktu : 4 × 40 menit
Standar Kompetensi : 7.
Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca
Kompetensi Dasar : 7.2. Mengomentari buku cerita yang dibaca
I. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran ini, Peserta didik mampu
-
menyebutkan hal-hal yang menarik dan tidak menarik dengan alasan yang logis;
-
menceritakan isi dongeng secara lisan;
-
mengaitkan isi dongeng dengan kehidupan sehari-hari.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya
( Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Te vkun ( diligence )
II. Materi
Ajar
Dongeng
Kata
ganti dan kata acuan
III. Metode
Pembelajaran
-
Contoh
-
Tanya jawab
-
Latihan
-
Penugasan
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
Apersepsi :
-
Bertanya jawab tentang jenis-jenis dongeng
Motivasi :
-
Memberikan pengantar awal tentang fabel
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§ Membaca dongeng ”Sederhana
Membawa Selamat”
§ Bertanya jawab dengan Peserta
didik tentang peristiwa pada dongeng, tokoh, watak tokoh, latar, dan amanat
cerita
§ Melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
§ Menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§ Memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
§ Melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§ Memfasilitasi peserta didik
melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Mengungkapkan hal-hal yang
menarik dari dongeng yang dibaca
§ Menjelaskan pesan-pesan dari
dongeng yang dibaca
§ Membaca dongeng berjudul
”Penebang Kayu dan Tukang Cukur” dan
§ mengerjakan soal-soal pada
buku siswa
§ Mengerjakan tugas membaca buku
kumpulan dongeng
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§ Membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
§ Memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
§ Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
§ Memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
§ Memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
§ Memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
§ Memfasilitasi peserta didik
untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk
lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi
peserta didik melalui berbagai sumber,
F
Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk
memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F
Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang
bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
F
Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab
pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa
yang baku dan benar;
F
Membantu menyelesaikan masalah;
F
Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan
hasil eksplorasi;
F
Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
F
Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
C. Kegiatan Akhir
o Bertanya jawab tentang kata
ganti dan kata acuan
o Mempelajari materi kata ganti
dan kata acuan
o Mengerjakan latihan
o bersama-sama dengan peserta
didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
o melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
o memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
o merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik;
o menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
V.
Sumber/Bahan/Alat
-
Cerita terjemahan dari majalah, surat
kabar, buku kumpulan cerpen
- VCD
- Narasumber
- Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
VI. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
·
Mampu menentukan unsur/bagian buku
cerita yang akan dikomentari
·
Mampu mengomentari cerita dengan
alasan yang logis dan bahasa yang santun
|
Penugasan individual/kelompok
|
Proyek
|
· Tentukanlah bagian/unsur buku cerita ... yang perlu
dikomentari
· Bagaimakah
komentarmu mengenai buku cerita yang baru saja kamu baca?
· Kemukakan
hal itu dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun!
|
Bentuk tes: lisan
No
|
Aspek Penilaian
|
Bobot
|
Nilai
|
1
|
Mengidentifikasi
hal yang menarik dan tidak menarik
a.
Benar disertai alasan (3)
b.
Benar tidak disertai alasan (2)
c. Tidak benar (1)
|
5
|
|
2
|
Menceritakan
kembali 5
a.
Alur cerita lengkap (3)
b.
Alur cerita kurang lengkap (2)
c.
Alur cerita tidak lengkap (1)
|
5
|
|
3
|
Mengaitkan
isi dongeng dengan kehidupan sehari-hari
a.
Tepat (3)
b.
Kurang tepat (2)
c.
Tidak tepat (1)
|
5
|
|
4
|
Membedakan
pengertian kata ganti dan kata acuan
a.
Benar (3)
b.
Kurang benar (2)
c.
Tidak benar (1)
5.
Menggunakan kata ganti dan kata acuan dalam kalimat
|
5
|
|
5
|
Menggunakan
kata ganti dan kata acuan dalam kalimat
a.
Benar (3)
b.
Kurang benar (2)
c.
Tidak benar (1)
|
5
|
|
Keterangan
Skor maksimum 3 (3 × 5) = 45
Nilai akhir : Skor
yang diperoleh

Skor
maksimak
Mengetahui,
Kepala
...............……………
(__________________________)
NIP / NIK :
..........................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.
(_______________________)
NIP / NIK :
..........................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar